Payrollbozz

Seminar Nasional Teknologi, Kewirausahaan dan Pemberdayaan Ekonomi

HM Nur & Vadlya Maarif

Purwokerto, 16 November 2017 bertempat Aula Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto (UNU PURWOKERTO) diselenggarakan Semnas Teknologi, Kewirausahaan dan Pembedayaan Ekonomi sekaligus memperingati satu tahun UNU Purwokerto Berdiri. Mengucap Puja dan Puji Syukur Kehadiran Allah SWT, kita berkesempatan memaparkan makalah Pengembangan Sistem Informasi Klinik yang sebelumnya kita submit papper pada tgl. 9 November 2017.

Pada awal kegiatan dimulai sesi pembicara utama perihal pemberdayaan ekonomi kreatif dari unsur pondok pesantren, setelah itu barulah acara di bagi menjadi beberapa bagian ruangan. Saya masih ingat waktu itu, kemungkinan dengan alasan memperingati hari jadi UNU para partisipan pemateri dalam kegiatan tersebut tanpa dipungut biaya. Pada kesempatan yang berbahagia itu, kita singkatnya menyampaikan pemeriksaan kesehatan harus dilakukan oleh calon tenaga Kerja Indonesia yang hendak bekerja di luar negeri dan melampirkan sertifikat tanda sehat jasmani. Medical checkup unit ini meliputi tenaga Kerja Indonesia umum dan perusahan, melihat banyaknya alur proses yang harus dilewati baik pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, jenis, hasil, pembayaran dan laporan terjadi penumpukan kegiatan operasional Kerja klinik dalam hitungan hari, hal tersebut memberikan kesan pelayanan jasa kurang efisien sehingga manajemen bertujuan mengembangkan sistem informasi klinik berbasis web. Metoda pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu software development life cycle (SDLC) dengan Model Prototipe Evolusioner.
Operasional Kerja klinik ini terdiri dari lima lini, antara lain bagian pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, laboratorium, kasir dan laporan. Sistem informasi yang berjalan adalah berbasis desktop, respon kegiatan dilakukan dalam hitungan hari. Perubahan sistem menjadi agenda pembahasan untuk segera ditindalanjuti oleh pihak manajamen klinik. Kebutuhan laboratorium klinik yang memberikan solusi dalam satu kesatuan sistem menjadi penting. Sehingga memerlukan pengembangan sistem yang dapat ter-integrasi yaitu sistem informasi berbasis web secara keseluruhan lini, agar mendukung penyelesaian waktu pekerjaan dapat dilaksanakan, berikut terjalinnya komunikasi lebih baik.

Adapun tujuan kegiatan pengembangan sistem informasi klinik medical checkup unit ini adalah penerapan sistem ter-integrasi untuk klinik antara lain :
1. Membagi jenis pendaftaran pasien menjadi 2 bagian yaitu pasien tenaga Kerja Indonesia dan perusahaan;
2. Membuat jenis pemeriksaan kesehatan atau medical history berikut dengan hasil pemeriksaan;
3. Membagi hak akses pengguna sistem, cabang klinik;
4. Rekam data laboratorium
5. Membuat modul kasir dan laporan.
Hasil saat ini, data pasien dapat terintegrasi secara keseluruhan pada tiap lini.

0 Response to "Seminar Nasional Teknologi, Kewirausahaan dan Pemberdayaan Ekonomi"

Posting Komentar