Payrollbozz

Review Linux (oleh Ari Anggoro Gustianto) Alumni BSI 2019



Sistem operasi Linux ? Sepertinya si bukan, mungkin windos ya, linux sepertinya bukan sistem operasi. Hanya download karnelya lalu compile sudah jadi linux, simpel kan ? Dari beberapa distro linux yang pernah saya gunakan, yang cukup stabil untuk server adalah REL dan trurunannya, yang paling cepet pengembangannya yaitu Turunanya Debian. Apakah linux aman ? Jawabanya ya tergantung penggunanya kalo penggunanaya bisa konfigurasi ya aman, tapi lain hal jika pengguna awalan.

Pengalaman saya menginstal linux di komputer server supermikro (12 core, 30 GB, ram 2.5, GB HDD),
linux memang sangat enteng untuk hidup tidak memerlukan waktu lama, dan ternyata sangat hemat ram
pada ubuntu seri 18.04 hanya membutuhkan 600 MB ram dan swap 0 MB, wow laptopmu ramnya berapaya ? Wajar saja karena server hanaya membawa paket terminal, untuk menginstall GUI tinggal memilih saja jenis antarmuka. Ada beberapa jenis antarmuka yang cukup populer Gnome, LXDE, KDE, Unity tinggal pilih deh pokoknya. Apalagi sejak mikrosoft membebaskan banyak hak patennya untuk open source maka semakin banyak perangkat lunak yang bisa di gunakan. 

Mau masang xampp bisa kah ? Tentu bisa tapi ada yang lebih menarik di linux kita bisa memilih paket yang lebih dan sesuai selera, tentunya dengan kecocokan antar paket. Kemampuan lain linux adalah kita bisa membuat tiruan atau copy linux kita sendiri yang sudah di instal. Lebih jauh dari itu linux menyediakan banyak sumber yang bisa di gunakan untuk koding, seperti integrasi dengan npm, python, java, php, nodejs, dan modul cpan milik perl secara langsung di terminal juga sekarang tersedia paket Gdebi yang memudahkan untuk mengistal paket.

Di linux ada alien dan snapd ? Ya benar di linux ada Alien. Pastinya bukan alien yang bawa piring
terbang ya. Alien dan snapd adalah paket yang menangani aplikasi suapaya aplikasi tidak hanya berjalan di satu distro linux saja. Jadi aplikasi debian bisa berjalan di Centos, dan aplikasi di Centos juaga bisa berjalan di debian. Linux berjalan di hampir setiap perangkat yang ada di dunia TV, Ponsel, Mobil, Pesawat, Jaringan dan masih banyak lagi. Bahkan mungkin Kamu tidak percaya kalau Android adalah Linux.

0 Response to "Review Linux (oleh Ari Anggoro Gustianto) Alumni BSI 2019"

Posting Komentar